>>
you're reading...
kisah atmosfer

Fluks

Fluks didefinisikan sebagai transfer dari sebuah kuantitas fisis per satuan luas dalam waktu tertentu, dan merupakan besaran vektor. Kuantitas fisis dalam meteorologi terdiri dari massa, energi, momentum, polutan dan lain-lain yang terjadi di planetary boundary layer. Planetary boundary layer merupakan suatu lapisan atmosfer di dekat permukaan dimana gaya kekasapan permukaan mempengaruhi gerakan udara di atasnya dan massa udaranya mengandung karakteristik permukaan di bawahnya.

Berdasarkan definisi di atas, dapat diketahui bahwa fluks energi merupakan transfer dari energi (kapasitas untuk melakukan kerja) per satuan luas dan waktu (Jm-2s-1). Pengukuran fluks energi dalam mikrometeorologi terdiri dari beberapa bentuk yaitu radiasi matahari, radiasi atmosfer, panas terasa, dan panas laten.

Mekanisme Terjadinya Fluks Energi

Transfer energi dalam bentuk energi panas disebabkan oleh adanya gradien suhu. Perpindahan panas terjadi dari tempat/benda yang mempunyai tingkat energi lebih tinggi ketingkat yang lebih rendah. Proses pemindahan energi secara umum dibagi tiga yaitu konduksi, konveksi dan radiasi.

2.1. Fluks Massa

Fluks massa merupakan transfer dari massa dapat berupa uap air, CO2 dan fluks uap air, dan gas-gas lain yang ada di atmosfer (kgm-2s-1).

Fluks CO2

Fluks CO2 dari tanah dipengaruhi oleh proses produksi dan transpor CO2 (Moren dan Lindorth 2000). Produksi CO2 dipengaruhi oleh dekomposisi bahan organik (Van Dasselar dan Lantinga 1995), kelembaban tanah dan suhu tanah dan suhu tanah (Lessard et al. 1994; Sitaula dan Bakken 1993). Peningkatan suhu akan meningkatkan fluks CO2. Moren dan Lindorth (2000) mengemukakan setelah diproduksi di dalam tanah, gas CO2 dilepas ke atmosfer dengan dua cara yaitu difusi dan aliran massa. Pada keadaan normal proses difusi lebih dominan , sedangkan pada kondisi jenuh proses aliran berlangsung dominan. Fluks CO2 bervariasi menurut kedalaman tanah, suhu tanah, aerasi dan musim. Fluks CO2 tertinggi pada kedalaman 0-5 cm tanah dibanding kedalaman 10-25 cm tanah (Ishizuka et al. 2000) dan minimum pada saat pagi hari dan setelah matahari terbenam (Dugas 1993). Pada keadaan aerobik produksi CO2 lebih besar dari keadaan anaerobik (Sabiham dan Sulistyo 2000). Sedangkan pada musim panas fluks CO2 lebih besar pada musim dingin (Nakadai et al. 1996; Moren  dan Lindorth 2000).

Fluks CO2 bervariasi pada lahan pertanian yang disebabkan perbedaan karakteristik fisik dan kimia tanah, dan pengelolaan pertanian (Nakadai et al. 1996).

Uap air dan Gas-Gas Lain

Di alam, air dapat berbentuk sebagai tiga fase yaitu cairan (air), gas (uap), dan padat (es). Bentuk air dalam tiga fase menjadi penting karena menyangkut penyeraan untuk mencair dan menguap atau pelepasan bahang bila mengembun atau membeku (Rozari, 1993). Di atmosfer air berada dalam bentuk uap. Kandungan air di udara disebut sebagai kelembaban. Kapasitas udara dalam menampung uap air dinyatakan oleh nilai kelembabannya. Kelembaban udara berhubungan dengan proses pengembangan dan pengerutan udara. Demikian juga suhu sangat mempengaruhi kelembaban. Semakin tinggi suhu udara, kapasitas udara untuk menampung uap air per satuan volume udara semakin besar. Dalam iklim mikro, kelembaban udara dinyatakan sebagai kelembaban mutlak atau relatif.

Mekanisme Terjadinya Fluks Massa

Proses pertukaran atau transfer energi terdiri dari dua mekanisme, yaitu difusi dan konveksi. Pada keadaan normal proses difusi lebih dominan, sedangkan pada kondisi jenuh proses aliran konveksi berlangsung dominan. Transfer massa terjadi akibat adanya perbedaan konsentrasi antar partikel.

Advertisements

About dewa putu am

I'm a agro meteorologist. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe I like studying too hehehe but I lie.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

%d bloggers like this: