>>
you're reading...
kisah atmosfer

Klasifikasi Citra

Oleh:dewa

Klasifikasi citra merupakan suatu proses pengelompokan seluruh pixel pada suatu citra kedalam dalam kelompok sehingga dapat diinterpretasikan sebagai suatu property yang spesifik (Chein-I Chang dan H.Ren, 2000). Ada dua metode umum dalam mengidentifikasi dan mengklasifikasikan citraan satelit yaitu klasifikasi takterbimbing dan klasifikasi terbimbing yang berkaitan dengan paendekatan dalam pengenalan pola.

Pada intinya, prinsip klasifikasi yang dilakukan dalam computer pengolahan citra adalah pengelompokan individu atau set pixel untuk mewakili beberapa fitur, kelas atau materi yang plotkan berdasarkan ciri oleh serangkaian (umumnya kecil) dari DNS untuk setiap band yang dimonitor oleh sensor .dan kemudian dianalisis secara statistic untuk menentukan derajat keunikan pixel pixel tersebut terhadap tanggapan spectral objek dan dikelompokkan dalam klaster.

Algoritma dari dua metode umum dalam klasifikasi data satelit diperlihatkan seperti pada gambar disamping.

Dalam klasifikasi tidak terbimbing setiap pixel diperbandingkan dengan kluster diskret untuk melihat untuk pixel-pixel mana yang memiliki kemiripan yang tinggi dan dikelompokkan dalam klaster klaster. Kemudian didiperbandingkan dengan kenampakan objek yang sebenarnya bila hasil klaster masih kurang memuaskan, maka perlakuan-perlakuan itu diulangi lagi untuk mencari kombinasi klaster yang lebih sesuai.

Selain system klasifikasi tidak terbimbing, terdapat pula klasifikasi terbimbing yang membutuhkan pengetahuan tentang  kelas kelas( objek-objek ) apa saja yang terdapat dalam target serta lokasinya. Analisis statistic dilakukan pada data multi band untuk masing-masing kelas tersebut akan memperlihatkan cirikhas dari masing masing objek  meskipun adakalanya untuk cluster yang sama memiliki definisi objek yang lebih dari satu. Oleh karena itu perlu dilakukan pencitraan dengan menggunakan lebih dari tiga band yang diharapkan untuk objek yang berbeda akan menunjukan respon yang berbeda (unik) sehingga lebih mudah di klasifikasikan pada kelas mana claster tersebut

Dalam klasifikasi tak terawasi memiliki tujuan untuk pengelompokan pola multiband dari respon respon spectral yang identik. Respon respon spectral itu dalam computer ditunjukan melalui penotasian Digital Number (DN) dalam setiap pixel. Nilai DN tersebut didapat dari kuantifikasi respo satu band maupun kombinasi respon beberapa band. DN akan semakin beraneka ragam jika dikombinasikan dengan band-band lainnya. Akan tetapi keberagaman itu akan menjadi tidak terkendali ketika jumlah bandnya 4 atau lebih. (Short, tanpa tahun)

Pencitraan dengan banyak band akan menghasilkan kombinasi kombinasi warna citraan yang berbeda beda. Pengkombinasian band ini biasanya digunakan untuk mempermudah dalam klasifikasi citraan. Komposit warna yang biasa digunakan adalah hijau biru dan merah. (eionet,2010)

Pustaka

Chein-I Chang dan H.Ren. 2000. An Experiment-Based Quantitative and Comparative Analysis of Target Detection and Image Classification Algorithms for Hyperspectral Imagery. IEEE Trans. on Geoscience and Remote Sensing

Short  Nicolas M. tanpa tahun. “Image Prosesing and Interpretation” .( http://rst.gsfc. nasa.gov/Sect1/Sect1_16.html, diakses tanggal 24 maret 2011)

Advertisements

About dewa putu am

I'm a agro meteorologist. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe I like studying too hehehe but I lie.

Discussion

12 thoughts on “Klasifikasi Citra

  1. kalau pengklasifikasian lahan pakai Global mapper langkahnya bgmn ya? nyari2 nggak ketemu2

    Posted by hypnoturbulence | June 24, 2014, 8:42 am
  2. Kalau saya biasanya pakai yg formatnya tiff mas, yang biasanya juga terpisah untuk setiap bandnya, band merah hijau sama biru

    Yg kita liat biasanya itu yg uda komposit dari band itu ato malah pancromatik, jadi untuk otak atik perbandnya mungkin bisa tapi saya belum dapat informasi ttg itu.

    Gambr gambar kita biasanya kan png, jpg, jpg2000 atau lainnya, diphotoshop kalo g salah ada kan ya yg otak atik kompositnya biarlebih biru, lebih hijau atau lebih merah (itu ygnamanya saturation bukan si, hehehe g seberapa kuasain istilah2 aku)

    Posted by Dewa Putu A.M. | June 24, 2014, 4:48 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

%d bloggers like this: