>>
you're reading...
atmos

kondisi atmosfer dan penyatuan zona waktu di Indonesia

ilustrasi waktu hasil googling

mungkin ini terdengar sedikit janggal di mata kalian,..
mungkin ini juga sedikit mengelitik benak hati kalian,

akhir2 ini mulai lagi kita dengar tentang wancana pemerintah yang akan menyatukan zona waktu di indonesia,.. dengan kata lain kita akan memiliki sistem waktu yang serupa untuk seluruh Indonesia,… sekali lagi S.E.R.U.P.A.
sistem sistem pembagian waktu diindonesia yang klasik #serembahasanya seperti WIB, WITA n’ WIT akan segera dihapuskan*

ket: * masih dalam konfirmasi lebih lanjut

banyak kajian tentang dampak yang ditimbulkan oleh penyatuan zona waktu ini, banyaaak bnget tapi berhubung yg baru gw baca cuma artikel2 dari vivanews, maka yg tampilkan yang dari vivanews aja ya,.. nih tapi silahkan baca sendiri., #mles menuh2in posting

terlepas dari itu semua,.. dan memang harus dilepas dari itu semua [karena g ngarti mksud dari pembahasan mereka] ada beberapa hal yang agaknya sedikit menjurus kearah probabilitas kejadian SATU yaitu,….. jreng jreng jreng,…

  1. waktu masuk sekolah gmana???? kalo disamakan menjadi WITA berarti waktu di WIB menjadi 1 jam lebih awal???…., yang masuk sekolah biasanya jam 7 WIB,.. kalo tetep angka tuju yg dipertahanin buat masuk sekolah,… habislah tuh anak2 sekolah….
  2. jam sinetron menjadi simpel,.. bagi ibu2 yang ada di wilayah non WIB,.. gx perlu repot2 konfersi jam kalo

    tampang galau

    mau nonton sinetron tepat waktu

  3. kita tiup terompet tahun baru bareng2,…. yeeeeeeeeeeeeee,…
  4. umur orang orang yang berada di daerah WIB jadi berkurang sebanyak 1 jam…. T_T,.. dan umur orang didaerah WIT menjadi bertambah sebanyak 1 jam

lalu pengaruh ke atmosfer kita gmana??? apakah penyatuan zona waktu dapat berpengaruh terhadap kondisi atmosfer diindonesia????…..

owkeh aliran sesat anak anginisme akan mencoba untuk menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut, dengan lugas tajam dan boleh gax dipercaya..berawal dari suatu pandangan seorang profesor saya yang menyatakan “sesuatu yang teratur akan menghasilkan kondisi yang chaotic” dari pendapat tersebut,.. sebagai akademisi yang mem pelajari bidang cuaca dan iklim “geofisika dan meteorologi” saya jadi berpikir, apakah penyatuan zona waktu diindonesia akan berdampak pada kondisi cuaca dan iklim di indonesia,..

dan sekarang ku jawab “Mungkin saja Ia”

kenapa mungkin???
yah memang ini hanya dugaan saya,.. karena pendapat saya ini juga belumlah tentu benar,… karena belum melakukan penelitian terkait :p

penyatuan zona waktu memang tidak berpengaruh secara langsung terhadap kondisi atmosfer kita,.. tetapi melalui faktor perantara, faktor perantara itu dapat berupa Aerosol, (partikel2 padat mikroskopis yang melayang layang diudara [koloid]), partikel2 ini sering terdapat dalam polutan2 yang diemisikan oleh berbagai kegiatan manusia, seperti transportasi, industri di pabrik, dan kegiatan lainnya,..
seperti yang kita ketahui, bahwa kegiatan manusia cenderung teratur jam kerja,.. yah sekitar kurang lebih jam 7 hingga jam 5, begitu juga jam sekolah,.. kenapa saya contohkan kedua kegiatan tersebut,. ??

jawabannya cukup simpel sih,.. pada jam-jam tersebutlah jam2 sibuknya orang diindonesia khususnya,.. pada saat itu juga pabrik2 intens beroprasi,.. banyak kendaraan berlalu lalang,.. dan mengakibatkan banyak aerosol yang diemisikan ke atmosfer kita pada jam-jam tersebut, sehingga tingkat polusi udara pada jam tersebut akan besar pada saat yang bersamaan diseluruh indonesia!!!! #mantabsesatnya

keberadaan aerosol diatmosfer memiliki kaitan yang erat dengan hujan suatu wilayah, hal ini dikarenakan sifat2 aerosol yang dapat mengikat air, [aerosol merupakan salah satu inti kondensasi] yang membantu terbentuknya butir-butir hujan. dengan adanya penyatuan zona waktu akan mengakibatkan semakin tingginya kemungkinan terjadinya puncak pelepasan emisi untuk waktu yang relatif sama pada wilayah yang cenderung luas di daerah indonesia,…

bayangkan bila aerosol itu terakumulasi di suatu wilayah yang biasanya pada wilayah2 bertekanan rendah [daerah2 dengan kondisi seperti ini dapat diakibatkan oleh suhu yang tinggi, yang juga dapat terpengaruh oleh keberadaan urban heat island ],.. yang jadi permasalahan daerah-daerah tersebut biasanya terdapat di pusat2 kegiatan manusia #dikota

kemungkinan terburuknya sih,.. penyatuan zona waktu akan memberikan implikasi yang cukup bermakna pada peningkatan frekuensi kejadian dan intensitas dari fenomena hujan badai untuk daerah2 perkotaan seperti Jabodetabek, dan daerah2 kota besar lainnya…., itu sih menurut pemikiranku,. dan masih berupa hipotesis yang belum teruji saja,..

kejadian ini akan serupa dengan fenomena Weekend Rain atau kita sebut dengan hujan akhir pekan,..  hujan yang menjengkelkan yang seringkali merusak kegiatan happy2 akhirpekan kita,.. yang diduga karena monotonnya kegiatan manusia.

tapi apapun itu kita harus berdoa moga2 bener yang direncanakan petinggi2 kita dalam mengambil tindakan penyatuan zona waktu indonesia, dan moga2 kejadian2 yang saya utarakan tadi salah…

[amin]

Advertisements

About dewa putu am

I'm a agro meteorologist. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe I like studying too hehehe but I lie.

Discussion

16 thoughts on “kondisi atmosfer dan penyatuan zona waktu di Indonesia

  1. thx infonya gan….
    sangat sesat dan bermanfaat he3^^v

    Posted by yoga | March 13, 2012, 11:27 pm
  2. ups…saya tersesat. wacana yang aneh ya

    Posted by Satusatuen | March 14, 2012, 1:43 am
  3. Disatuin? Beneran nih?

    Posted by Falzart Plain | March 14, 2012, 11:44 am
  4. ane masih bingung
    kalo wib, wita , wit di hapus.
    berarti jika di jawa jam 7 di bali jam tuju juga gito?
    lain pagi donk jam siang donk jam 7nya?
    tapi jujur kalo yang atmosfir saya angkat tangan. hahaha kagak ngarti

    Posted by arie kusuma | March 14, 2012, 9:50 pm
  5. Ayak2 ayak wae agan ni….

    memang niat pemerintah itu baik dsri segi ekonomi khusunya dalam hal transaksi, Namun di lain hal banyak juga yang perlu di pertimbangkan.

    Posted by DeRie | March 18, 2012, 10:49 pm
  6. baru tahu aku ttg rencana penytuan zona ini, pastinya harus dipertimbangan masak masak terlebih dulu ya sama pemerintah

    Posted by Ely Meyer | March 26, 2012, 4:09 pm
  7. gak begitu ngerti sih soal atmosfer mah… yang jelas, males banget kan kalo musti masuk kerja sejam lebih awal? matahari aja belom nongol!!!
    (maap baru bisa mampir)

    Posted by kabutpikir | April 10, 2012, 11:13 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

%d bloggers like this: