>>
you're reading...
buah pikir, ceritaku, kisah atmosfer, puisi

ini tentang hujan yang masih merindu

anak angin dalam hujan

anak angin dalam hujan

hei hujan, kenapa kau masih saja datang, ini kan waktunya kemarau yang memeluk kami. Ini juga waktunya layang2 kami yang menghiasi langit, waktunya para petani mengganti padinya menjadi jagung dan ketela pohon,

tapi hujan, kenapa kau masih saja datang,

 Apakah dirimu masih merindu hai hujan ?

bukankah september nanti kau sudah bisa datang. coba lah lihat hujan, gara2 dirimu si mangga dan rambutan bingung untuk memilih waktu untuk muncul. mereka bingung bulan apa harus memunculkan bunga dan akhirnya berbuah. apakah mereka harus hom pim pah untuk menentukan musim hai hujan?

hei hujan, kenapa kau masih datang? kami ingin menerbangkan layang-layang kami di musim kemarau, kami ingin juga melihat capung2 musim kemarau yang menghiasi langit2 kami, melihat semut semut merah yang menggantikan semut hitam dan juga ingin mencuri jagung petani yang siap dibakar 🙂

hei hujan kenapa kau tidak menjawab?
apakah aku harus mencari jawabannya sendiri?

baiklah akan kucoba mencari

model prediksi nilai Nino 3.4 dari The Bureau of Meteorology 2013

hei hujan, agaknya aku menemukan sesuatu yang mungkin menyebabkanmu betah disini.

apakah itu tentang istrimu yang bernama La Nina?
yang saya lihat dari om BOM (Bureau of Meteorology) kamu lagi dikacangin oleh hawa dingin di laut pasifik ya, dan karena dingin pasti tekanan para udara disana besar sekali dan menyebabkan engkau kesini untuk mencari hangatnya nusantara.

cieeee hujan centil deh, sika banget peluk2 nusantara, cari kehangatan lagi. hmmmm kalau gitu kamu aku panggil “hujan dari pasifik yang galau dan celalu cari kehangatan di nusantara”. hehehe mau aku buatin akun pessbuk kaga ? tapi aku panggil hujan dari pasifik aja loh, males panjang2.

hei hujan dari pasifik, aku lihat kamu juga tidak sendiri loh untuk memeluk nusantara, tuh si hujan dari hindia juga dah duluan nimbrung di teras sebelah barat.

malahan kata laporan dari om BOM dia lebih dulu muncul.., hmmm apalagi kamu juga sifatnya kan masi prediksi bulan2 ini masuk La Nina.

model prediksi nilai IOD dari The Bureau of Meteorology 2013

dia uduit emoticondah dari bulan-bulan kemarin loh kencan sama nusantara??
kamu mau g ku bantu comblangin? kesempatanmu di bulan agustus dan september lebih besar kok kata pak bom yah untuk kamu kalo berdasarkan Nino 3.4 si masi 80-an % bisa dapet anomali -0.8 derajat C, sedangkan IOD cuma bisa 20-50an %.

tenang hujan dari pasifik kamu masi ada kesempatan tuh, aku bantu lah dengan doa. hehehe

tapi g gratis ya,
gak papa kan,.. orang pipis yg g sampe 1.5 liter aja gak gratis kok, apalagi kamu kasih ribuan galon itu. hehehe

gampang kok, g susah

foto jakarta dari Juanda (by Dewa)

foto jakarta dari Juanda (by Dewa)

aku minta dirimu hujan pada saat para pembakar hutan beraksi,
agar hutan2 kami tidak habis hai hujan, jangan selalu ke Jakarta, disini mah kamu hanya akan di tepis pake payung, masuk selokan lalu lewat ke sungai yang bau. belum lagi lalo kamu musti di palakin sama preman-preman sungai yang bernama ‘sampah’. kamu g bisa pulang ke laut lagi hujan. dan jadi banjir yang selalu di caci maki oleh manusia disini.

dan akhirnya, tanpa adanya pengadilan yang sah mereka memberi hukuman kamu dengan cara ditembak jatuh pakai garam.  pasti sakit ya hujan

aku tahu hatimu pasti sakit disia-siakan begitu.
aku tahu bagaimana kerja kerasmu yang dengan susah payah dan tersiksa sengatan matahari untuk naik dari permukaan bumi terevapotraspirasi dari lautan dan daratan—> kondensasi dengan bantuan partikel2 inti kondensasi yang belum tentu baik—-> saling menahan sakitnya bertabrakan untuk bertambah besar dan akhirnya merelakan untuk jatuh kebumi lagi.

dan sialnya kamu jatuh dijakarta tapi disia-siakan, belum lagi jika kamu di tembak pake garam buat nambah partikel kondensasi sehingga kau runtuh sebelum sampai di tempat yang benar2 kau impikan. pasti rasanya sakit ya.

ku tahu itu, hak-hak asasi hujan memang tidak bisa ditegakkkan disini.tapi kamu jangan marah dan lekas tak mau kembali yah.

karena sebenci-bencinya manusia disini akan dirimu hujan.
percayalah ada manusia2 yang dengan setianya memandangi dirimu dan mengagumimu.

termasuk aku.

Pustaka:

The Bureau of Meteorology. 2013. about Climate Models: Nino 3.4 & IOD. [online]. bom[dot]gov[dot]au diakses tanggal 29 July 2013 —-> sumberlink

Advertisements

About dewa putu am

I'm a agro meteorologist. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe I like studying too hehehe but I lie.

Discussion

14 thoughts on “ini tentang hujan yang masih merindu

  1. ia mas, sebenarnya apa yg terjadi dengan diri si hujan, udah 3 kali kostan saya bocor, 2 kali rumah teman saya kebanjiran, dan jalan2 di daerah yang berasfalkan murah banyak yang rusak dan berlubang. smoga saja ada hikmah diantara tangisan hujan yang terus menetes 🙂 nice post mas…

    Posted by amymustaq | July 29, 2013, 12:55 am
  2. Bukan hanya di jakarta hujan jarang turun, di Malang kota dingin yg adem plus maknyus jg cuman turun sebentar (gerimis) aja …
    Hujan bisa turun juga lho di sudut gelap mata, disudut mata mbak mas yg lagi patah hati, gkgkk …
    Ijin copas note nya masbro. nice ….

    Posted by misbachudin | July 29, 2013, 8:29 am
  3. kalau di sini lagi merindu hujan malah 😛

    Posted by duniaely | August 2, 2013, 2:04 pm
  4. Hihihi. .

    Emang kalau hujan mulu si mangga gak berbuah ya, Mas?
    Bunganya pada jatoh? Gitu?

    Posted by Idah Ceris | August 2, 2013, 3:36 pm
  5. ya nih..hujan kok tidak menikuti aturan musim yang biasanya lagi ya..

    Posted by Ni Made Sri Andani | August 4, 2013, 12:43 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

%d bloggers like this: