>>
you're reading...
profilku

Pulau gajah, keinginan terbesarku

image

2014 hope

“Hai, apa keinginan terbesarmu?”
“apakah kamu dah menemukan tujuan hidupmu?”

Beberapa waktu lalu ku mendapat pertanyaan terkait dengan itu. Entah apa yang kupikirkan saat itu. Jujur aku tak tahu apa pengertian dari “keinginan terbesar” .aku tak tahu karena banyak sekali hal yang aku inginkan, dan itu besar semua.

Mana yang terbesar?? Sampai sekarang aku tak tahu. Berikut ini beberapa keinginanku yg ingin sekali ku capai sebelum mangkat:

– Membuat puri atau kompleks rumah bertemakan bali yangbisa nampung satu keluarga besarku
-Punya restoran yang sayur2 nya bisa lgsung panen sendiri, buah langsung petik. Dan yang paling penting kalo makan goreng-gorengam seperti tempe goreng, bakwan goreng dan tahu bunting, cabenya bisa langsung petik dari cabe dalam pot yang ada di deket setiap meja πŸ™‚
– Menjadi ahli meteorologi yang mampu meningkatkan akurasi prediksi cuaca di indonesia sampe ke level ketepatan 99%

image

– Menjadi petani yang punya n ngembangin 1000an hektar sistem pertanian terpadu yang efektif dan efisien antara (sawah, kebun kopi, kebun coklat, lebah madu, ikan air tawar, sapi, kambing, bebek, ayam, kelinci, biogas buat masak n sumber listrik, ada solar panelnya, ada sensor sensor yg mantau mikro klimat tiap subsistem n bisa di pantau lgsung secara online, ada model simulasi pertaian yg inputnya dari sensor sensor tadi jadinya itu model bisa lgsung prediksi kebutuhan air, pupuk, pertimbuhan n perkembangan tanaman serta hewan hewan di setiap sub sistem, transportasinya pake hewan aja )
– buka lapangan pekerjaan buat 100 orang
– Buat panti n nyekolahin anak-anak kurang beruntung (anjal dan gepeng) sampe sukses n buat perjanjian yg intinya mereka wajib buat panti juga ato paling enggak nyekolahin minimal 2 anjal/gepeng yg selanjutnya buat perjanjian yg sama dengan mereka
– ngelestariin kebudayaan kebudayaan indonesia (kesenian tari, tenun, musik, design bangunan, upacara adat dan lainnya sekaligus hewan hewannya) sebelum punah tergerus budaya asing dengan cara buat perkampungan budaya yg bisa dijadiin tempat wisata

Hahaha banyak sekali ya keinginanku, sebetulnya masi banyak lagi sih yang lain. Tapi yg lain itu rahasia dan bahaya kalo ketauan hehehe

Berhubung banyaknya keinginanku, maka pas aku ditanya demikian ku jawab

“pulau gajah”…
Pulau gajah itu gabungan dari keinginan keinginanku itu. Sebuah konsep pedesaan dengan rumah rumah tradisional yg penduduknya petani petani buat setiap subsistem di sistem pertanian terpaduku. Petani petaninya wajib menggunakan pakaian tradisional, terus ada juga org yg tinggal disana bekerja sebagai penenun tenunan tradisional, pemusik, penari, dan tukang bersih2 nya juga wajib pake baju tradisional. Ada pusat informasi yg pakaiannya juga tradisional n mereka mantau mikro klimat, serta model simulasi stiap subsistem n ngelaporin ke aku sebagai macam kepala desa yang tinggal di puri :).

Terus anak anak pantinya di ajarin permainan permainan tradisional kayak grobak sodor, ingkling, kelereng, srampang12, sumputan, naga nagaan dan permainan tradisional disana

Di desa gajah ntar g ada kendaraan bermesin yang boleh masuk ga ada gaget yang boleh masuk n pakaian modern. Satu-satunya transportasi itu kuda buat penjaga keamanan dan kereta kuda buat transportasi <5org serta kendaraan darurat kesehatan (ambulan), sapi buat ngangkut hasil panen n angktbarang barang lain  dan puluhan gajah yang berhenti tiap selter gajah dan jalannya di gajah way yang lebar jalannya sekitar 5 meteran. Untuk ngerawat hewan hewan itu musti ada klinik buat hewan juga kayaknya hehehe. Tapi kalo ada sungai ya di kasi transportasi sungai juga tapi yang g bermesin πŸ™‚

Orang luar boleh nginap di desa itu di rumah rumah tradisional yang disewain, n makanannya di restoran sayuran organik  yg setiap mejanya ada satu pot tanaman cabe yang banyak buahnya hehehe

Itu keinginan terbesarku,
Untuk mncapainya aku perlu:
– Belajar meteorologi, model simulasi pertanian ( terlaksana)
– belajar tentang sistem pertanian terpadu ( baru dikit)
– Cari temen agronomi, silvikultur, agribisnis, sosiologi, tekhnik pangan, peternakan, tanah, geografi, arsitek, arsitektur landscape, tekhnologi hasir perairan, matematika, kimia, statistik, budaya (udah adaaa hehehe kecuali sosiolog n budaya)
– cari lokasi strategis (lampung ato jabar :))
-Modal ini yg belum, tapi bisa pake gini ( selesain kuliah, nabung buat beli tanah 5 hektar di lampung ato target buat ditanemin tanaman singkong ato kentang organik beberapa masa tanam buat modal buat peternakan kambing n sapi disana) terus kalo udah tanahnya sampe kurang lebih 10 ha mullai ajak petani sekitar untuk gabung sambil cari kesempatan buat dapet kerjasama sama almamater s1 biar banyak penelitian diwilayah itu, n kerja sama dgn university farm ipb biat rintis usaha tanaman prganik hilir kayak keripik kentang organik, rumah makan organik (sukur sukur bisa pake cap ipb hehehe) dari peneliti peneliti skripsi bisa nyelesain masalah produksi, metode, dkk n ngerintis dibentuk tim research and developmen dan juga kantor yg mulai ngembangin model simulasi pertanian n mulai uji coba sensor sensor tanah dan meteorologi yang dibutuhin. Udah gitu terus ekspansi wilayah target kalo udah ada rnd (pertambahan sawah milik ato dan yang gabung 10 ha per 2 masa tanam)

Terus ngembangin pertanian kalo uda nyentuh angka 100 ha mulai kembangin serius buatpeternakan sapi, n kambing. Muali tanam oklat dqn kopi kalo udah bunga mulai kembangin lebah madu. Terus muali ngembangin kuda, buat rumah pekerja, rumah inap,buat panti, buat pusat informasi, dan pusat klinik hewan, mulai dicoba untuk ngelatrang kendaraan bermotor n nyediain kuda dan sapi buat kesepakatan dgn pihak way kambas buat ngembangin gajah gajah yang terlantar buat dirawat dan di kembangin hahaha g usah terlalu detil ah,

Rahasia hehehe khususnya untuk cara dapat modal. Ku sering denger jangqn dari nol. Dan kalo caranya gitu  kenapa aku musti punya kenalan sama ahli ahli itu tadi :). Yg jelas perlahan tapi pasti jalan mulai terbuka untuk realisasiin ide itu hehehe dan biar suatu saat aku butuh mereka dan mereka bisa bantu aku kunci andalan aku adalah kejujuran πŸ™‚ moga2 bisa jaga kepercayaan merekahehehe

Tapi kadan aku
Jadi mikir kira kira bisa kaga ya

Apapun jawaban kalian aku yakin aku bisa hahahaha (mulai keras kepala)

Salah satu penghalang adalah diri sendiri, hehehe cara untuk nangkalnya bisa mbuat post di blog kayak yg aku buat sekarang, biqr kalo aku udah g fokus ke tujuan utamaku aku bisa diingetin sama postinh ini sukur sukur ada temen yang mbaca n bersedia ngingetin aku saat aku mulai lupa tujuanku.

Pulau gajah, keinginan terbesarku

Advertisements

About dewa putu am

I'm a agro meteorologist. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe I like studying too hehehe but I lie.

Discussion

3 thoughts on “Pulau gajah, keinginan terbesarku

  1. Super sekali. πŸ˜€ Visi yang deti dan tentunya banyak manfaat positif (walau saya nggak ngerti semuanya, apalagi tentang pertanian dan peternakan). Saya yakin deh Dewa bisa mewujudkan semuanya satu per satu sesuai langkah2 yang udah dibayangkan sekarang. Merdeka! he he

    Posted by Ilham | March 26, 2014, 10:46 am
  2. yang terbesar adalah punya ku. maksudnya keingin ku juga besar hehehehehehhe tapi aku pemalu, makanya kemaluan ku besar. xoxoxoxox just kidding hehehe

    Posted by arie kusuma | March 29, 2014, 12:59 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

%d bloggers like this: