>>
you're reading...
buah pikir, Equafilia

ini cerita tentang Hukum Coulomb dan Cinta?

anak angin dan hukum  coulomb

anak angin dan hukum coulomb

“Eh…. pssst pssst,..” terdengar suara temanku sayup sayup sedang membicarakan sesuatu.
“kalian ngomongin apa?” tanyaku penasaran sambil sesekali melihat sekeliling tempat kami makan dan menunggu pesanan kami yang tak kunjung datang. Yah, pesanan kami memang belum juga datang, perut yang telah lama bergelora semakin sayup ringkih merintih dan mengharapkan makanan.

“Waaak,.. ada Beauty and the beast” bisik salah satu temanku sambil melirik ke salah satu jendela tempat makan kami. Dengan cepat kilat saya pun berjalan menuju ke dekat orang yang ditunjukan tadi sambil pura pura cuci tangan. disana terlihat sesosok wanita cantik, berambut lurus dan berkulit bersih sedang duduk bersama ah sudah laah [sensor].

satu kata yang terucap saat itu adalah kata “oh”
beberapa peleton kata yang saat itu tak terucap adalah “aaaaaaaa kenapa begini kenapa begitu bla bla bla,.. pasti begini pasti begitu bla bla bla,… pasti pake ini pasti pake itu bla bla bla…. huuuuummmmppppt jleeeb” #DisumpelBoto

Berdasarkan kejadian itu ku jadi ingin membahas tentang Hukum Coulomb

atau yang disebut dengan “Inverse-square law” hehehe keren yah namanya. Dari wikipedia ku dapet informasi kalo hukum ini pertama kali dipublikasikan oleh fisikawan berkebangsaan prancis yang bernama Charles Augustin de Coulomb pada tahun 1785. Hukum ini pada dasarnya menjelaskan tentang interaksi eloktrostatik antara partikel bermuatan listrik.

“Hukum ini menyatakan apabila terdapat dua buah titik muatan (q1 dan q2) maka akan timbul gaya (F) diantara keduanya, yang besarnya sebanding dengan perkalian nilai kedua muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak keduanya (Rumusnya kira kira dapat dinotasikan dengan gambar di atas banget itu yg ku tulis di papan tulis) 🙂

dimana F (gaya yang ditimbulkan), q1 dan q2 adalah muatan masing masing titik tersebut dan r adalah jarak antar titik.

Baiklah, dengan hukum tersebut saya akan mencoba menjelaskan tentang cinta,.. ahihihi

  • F : dapat kita anggap sebagai gaya tarik menarik yang ditimbulkan oleh dua orang (bisa gaya tarik menarik karena cinta, pertemanan, persaudaraan , atau hutang piutang)
  • q1 dan q2 merupakanmuatan (karakter/kualitas) dari masing masing personal makin besar maka makin bagus,kalo maslah percintaan, pertemanan dan persaudaraan, ada beberapa variabel yang mempengaruhi (daya tarik fisik, daya tarik emosi, kekuasaan, kemayuran/popularitas, kekayaan, kepintaran, humor) kalo masalah hutang piutang ya termasuk jumlah hutang pada orang orang tersebut.
  • r merupakan jarak, jarak yang dimaksud dalam hal ini adalah jarak sesungguhnya. r juga bisa dinyatakan sebagai jarak yg ditimbulkan oleh beda keyakinan (beda keyakinan ku ambil sebagai salah satu jarak ini terinspirasi oleh program ILK “Indonesian lawak Klub”) aaaaaaaaa……. kenapa kita harus dipisahkan oleh jarak iniiiiiii T___T

ngedumel emoticondari situ maka dapat kita otak atik hukum coulomb menjadi “Apa bila terdapat dua anak manusia dengan karakter/kualitas tertentu (q1 dan q2) saling berdekatan dengan jarak r maka akan timbul gaya tarik menarik F yang besarnya sebanding dengan perkalian nilai kualitas orang orang tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak dari keduanya.”

Dengan Hukum ini, bisa dijelaskan fenomena beauty and the beast. (oke mulai keliatan kan benang merahnya meskipun rada dipaksakan)

kita anggap si beauty adalah q1 dan beast adalah q2. anggaplah dalam kondisi ekstriim banget si beauty nilainya besar dan si beast nilainya kecil banget (catatan: beauty and the beast disini g semata mata dalam hal fisik) . terus gimana kok gaya mereka bisa besar. Sekarang kita lihat dari segi muatan q1 dan q2, gayamereka akan semakin besar ketika q1 dan q2 memiliki nilai yang besar tapi dalam kasus ini nilai q2 itu kecil maka gaya tarik menariknya akan kecil, kecuali kalo q1 itu ekstrim besarnya (contoh: dia baik banget) maka nilai F juga akan besar. sekarang kita bahas dari segi r nilai r itu pengaruhnya sangat besar yakni 1 per nilai kuadratnya. jadi menurut saya r merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan. nilai F akan besar jika nilai r nya kecil (jadi untuk org org LDR yg nilai r nya besar susah bgt buat langgeng cz nilai F nya bakal kecil bgt, apalagi yg beda iman ). lalu bagaimana biar gaya tarik menariknya besar, ya perkecil nilai r. hehehe

Dari hukum coulomb kita bisa belajar sedikit, bagaimana agar kita dapat menciptakan gaya tarik menarik ke banyak orang kita bisa melakukan ini.

  • tingkatkan muatan kita, kualitas kita ( jagalah daya tarik fisik, daya tarik emosi, kekuasaan, kemayuran/ popularitas, kekayaan, kepintaran, humor)
  • perkecil jarak antara kita dengan semua orang bila perlu sampe nempel nempel hahahaha (jangan membuat jarak berdasarkan fisik, golongan, ras, agama dan lain lain. kita semua berdiri diatas bumi yang sama brooo siiiist.
  • Ini ni yang paling penting,”sanah praktek, jangan hanya mplajarin n ngehitung rumus macam ini aja T__T

udah ah sampe situ aja, gw mau lari sambil banting pintu kamar mandi,… gueeeh sakit perut gara2 nulis macam ini aaaaaaaa…………………………………….,

Advertisements

About dewa putu am

I'm a agro meteorologist. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe I like studying too hehehe but I lie.

Discussion

10 thoughts on “ini cerita tentang Hukum Coulomb dan Cinta?

  1. boleh juga nih hukum Coulombnya ya, terutama tips yg terakhir itu 🙂

    Posted by duniaely | May 7, 2014, 5:20 am
  2. si penulis udah praktek belum nih, wkwkwkwk

    Posted by Dody Setiawan | June 2, 2014, 2:59 pm
  3. Ah aduh… alergi rumus2 fisika… :mrgreen:

    Posted by anislotus | July 25, 2014, 6:51 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

%d bloggers like this: