>>
you're reading...
atmos, buah pikir

cerita tentang buku dan udara kamar

anak angin ning djogja

Hai, apa kabar kalian semua?

Akhir akhir ini udara jogja lagi g bersahabat. Rasanya gerah bagaimana gitu, saking gerahnya aku kadang kdang menghidupkan ac kamar [mulai menghayal, padahal gak ada ac dikamar].

Sama seperti si gerah, kadang kadang si dingin juga datang. Yang menjengkelkan, dia datang di saat yang tidak tepat. ia mengetuk bahkan menggedor pintu kamarku malam malam. Padahal saat saat itu aku  dengan seksehnya tiduran pakai kolor pendek (Bukan hot Pant!!).  Perlahan tapi pasti kubuka  pintu kamarku, kayaknya sih si dingin tadi ngetuk. dan tanpa di duga brrrrrrr…. dingin pun masuk.

Alhasil, rimba rambut kaki kiriku  membeku dan dapat hancur bila di pukul pakai penghancur es. sirambut rambut itu hancur berkeping keeping. yah, benar-benar hancur se kaki kakinya kalau di gebug pakai pemukul es. hahaha untung si kaki kanaaaaaan, -___________- rambutnya mbeku juga.

Panas dan dingin dikamar datang silih berganti. Yah beinilah udara jogja sekarang, cepat panas dan cepat juga dingin. saat panas dan lagi cepat2 buka baju, tiba-tiba dingin datang. (-__-) mbeku lagi rambut kaki ku. Sebagai lulusan meteorology yang keren, aku puna hipotesis tentang sebab fluktuasi suhu yang tinggi akhir akhir ini.

yah aku punya suatu hipotesis…

hipotesis yang kuyakin kebenarannya.

penyebabnya adalah…

Penyebabnya adalah Santet,.. S.A.N.T.E.T.timpuk emoticon

ahahaha,.. maaf maaf, kuhanya bercanda. Fluktuasi suhu suatu wilayah, baik itu yangdibatasi oleh sesuatu yang nyata (contoh kamar, kamar mandi, ruanggan lainnya) ataupun sesuatu yang tidak nyata (contoh parsel udara, udara dalam taman, udara kota, udara desa) dipengaruhi oleh factor eksternal dan internal. factor eksternal seperti radiasi matahari, radiasi bumi ato radiasi dari sumber lain kayak api unggun dkk.

Salah satu faktor internal adalah adanya sesuatu hal, zat atau apapun yang dapat berperan sebagai penyangga (buffer). ada banyak system penjaga yang sebenarnya sudah ada di dalam kamar yang berpenghuni. antara lain:

  • Plavon kamar, udara yang disekap di dalam plavon dapat menjadi penyangga dan berguna dalam menstabilkan suhu. ruangan ruangan tanpa plavon, yang atapnya terbuat dari beton atau genting yang langsung terkena radiasi matahari akan mengalami fluktuasi suhu yang tinggi sedangkan kamar yang berplavon akan lebih kecil fluktuasinya.
  • Gas rumah kaca dalam kamar seperti CO2 (dari metabolism tubuh penghuni kamar dan udara ambien), CH4 (mungkin dari kentut penghuni kamar atau orang yang enggak sengaja lewat) dan H2O (dari metabolism, dari baju baju basah yang dtaruh kamar, dari sisa air minum,atau dari akuarium)
  • benda benda kamar seperti
    • Kayu kayu yang ada di meja, kursi, lemari. selain proses pembusukannya yang menghasilkan CO2 dan H2O, ruangan ruangan yang dibentuk kayu kayu ini juga dapat memerangkap udara
    • Buku: sebenarnya rasa gerah bukan hanya diakibatkan oleh suhu yang tinggi, tetapi juga kelembaban yang tinggi. serat serat pada kertas di buku saya rasa memiliki kemampuan menyerap partikel air yang baik. hihihi menurutku buku merupakan salah satu buffer kelembaban yang baik sampai kondisi tertentu.

Dengan demikian, yaaaah dapat dikatakan alo buku selain berguna ilmunya, buku juga mempunyai fungsi lain dalam kamar yaitu buffer. oia ada lagi, kalo g sabar dengan proses buffer kelembaban yang dilakukan oleh buku sebenarnya kita dapat mempercepat hal itu. Caranya, pegang buku itu dengan tangan (buku yg tis kalo bisa) lalu gerakan buku tersebut kekiri dan kekanan biarkan angina yang dihasilkan mengenai bagian bagian tubuh kita yang merasa gerah.

Advertisements

About dewa putu am

I'm a agro meteorologist. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe I like studying too hehehe but I lie.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

%d bloggers like this: