>>
you're reading...
atmos, kisah atmosfer, profilku

Kenapa Hujan di akhir pekan?

Perpus jogja malaam hari

A post shared by dewa putu am (@dewaputuam) on

Malam hari di perpus kota Yogyakarta. Yah,.. perpusakaan kota Yogja. Sebuah tempat yang cukup asik untuk mengisi waktu luang. Atau dapat dikatakan sebagai waktu yang sengaja diluangkan untuk sekedar melepas kejenuhan. Seenggaknya cukup menghibur bagi seorang pemuda berkemeja hitam. kemeja hitam yang baru saja ia beli dari situs belanja online zalora. Ia duduk di bangku luar yang disusun mengelilingi meja berbentuk bundar. Dengan sebuah buku di tangan dan pendaran sinar layar laptop, ia sesekali melirik layar laptopnya untuk melihat apakah running data penelitianya sudah selesai atau belum. (<— posisi sehari2 mahasiswa ketika nyiksa laptopnya …. gaje banget ya ).

” Bro apakabar brooo,..” teriak seseorang kepada pemuda itu

“weh,.. knaon cui tumbenan lu kesini” Sahut pemuda itu

ngedumel emoticon“Besok pergi yuk, brg bocah bocah sekalian lah sekalian reunian kitaah” Ajak pemuda yang baru datang sambil duduk di sebelah pemuda berkemeja hitam itu sambil mengeluarkan laptopnya

“Besok tu weekend kan?.. kemungkinan besar hujan, males ah.” Kata pemuda berkemeja hitam yang sekarang mulai meneruskan bacaan yang dipegangnya tadi.

“Mitos ituuuh brooo….” celetuk pemuda yang baru datang itu

“Yeeeee,… gini gini gue anak meteorologi brooo, pernah ada yang meneliti tenang hujan diakhir pekan” jawab pemuda berkemeja hitam itu sambil sengaja menampakan ekspresi sok tahu yg minta ditampol

“Kenapa emang???” tanya pemuda ang baru datang.

Ukuran Partikel kondensasi (Sumber: NOAA) klik gambar untuk menuju sumber

Ukuran Partikel kondensasi (Sumber: NOAA) klik gambar untuk menuju sumber

“Untuk membentuk awan dan kemudian jatuh sebagai hujan, air air berbentuk gas di atmosfer membutuhkan banyak faktor. Faktor faktor tersebut antara lain suhu udara, kelembaban udara dan juga kecepatan angin. Ada satu lagi faktor yang sangat penting dalam pembentukan awan dan hujan yakni partikel kondensasi.

Partikel kondensasi bisa berasal dari bahan bahan naural seperti debu, polen, partikel garam hasil percikan air air di laut. Partikel kondensasi juga dapat berasal dari kegiatan manusia,seperti debu debu, karbon karbon dari knalpot dan cerobong cerobong  pabrik. Dapat juga debu debu yang diangkat oleh kegiatan manusia.

Karena kegiatan kegiatan manusia (masyarakat kita) cenderung pada weekday. Kegiatan kegiatan anak sekolah, pengusaha, pabrik pabrik dan kegiatan kegiatan manusia tentunya terkumpul pada hari hari Senin Selasa Rabu sampai Jumat. karena hal tersebut partikel partikel itu akan terakumulasi selama weekday, dan mencapai puncaknya sesaat sebelum weekend. Nah pada saat partikel kondensasi berada di jumlah maksimumnya maka peluang terjadi hujan pun akan semakin besar. Oleh karena itu hujan akan lebih sering muncul pada saat weekend.

Itulah alasanku malas pergi pergi kalo weekend” jelas pemuda tersebut sambil bibirnya monyong

“Dih,.. bilang aja lu males pergi pas weekend itu karena lu jomblo” Nyindir pemuda yang baru datang tadi sambil membuka situs  koleksi kemeja hitam di Zalora

“Wih.., baju ini aku banget, banyak  aku punya koleksi dari toko online ini. Lumayan buat modal ngedate sama gebetan baru , ” Canda pemuda yang baru datang itu lagi

Advertisements

About dewa putu am

I'm a agro meteorologist. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe I like studying too hehehe but I lie.

Discussion

12 thoughts on “Kenapa Hujan di akhir pekan?

  1. wah cowok-cowok yang suka belanja zalora yaa hahhaha 😀

    Posted by selseya | January 16, 2015, 8:38 pm
  2. karna doanya para jomblo gan 😀

    Posted by Dani Aulia | January 17, 2015, 1:18 am
  3. Bisa juga debunya karena banyak jombloers yang berubah jadi debu karena aku tanpamu butiran debu~~~ 🙈🙈🙈🙈

    Posted by Alena | January 18, 2015, 9:21 am
  4. saya kira ada hubungannya dengan kondisi hati manusia yang mendung… 😀

    Posted by Janiarto Paradise | January 18, 2015, 9:30 am
  5. Salam kenal. Harga di zalora mahal gak?

    Posted by alrisblog | January 19, 2015, 3:33 am
  6. He he he..bener juga theorynya kalau gitu… kalau semua kegiatan dilakukan pada weekdays…dan mengakibatkan semua partikel membubung ke angkasa..tinggal weekendnya hujan turun ya.. Bener bener.. ha ha

    Posted by Ni Made Sri Andani | January 25, 2015, 6:00 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

%d bloggers like this: