>>
you're reading...
buah pikir, Equafilia, profilku

ini cerita tentang Bernoulli… ?

Bernoulli equation

Bernoulli equation

Beberapa hari yang lalu, jam 4 sore ehh tapi telat jadinya jam 5 sore lebih ding, ku mengayuh sepedaku dengan kecepatan maximum menuju rumah seorang murid les saya yang namanya hmm g usah disebut lah. muup muup abisnya ku saat itu saya lagi bosen parah jadinya gentayangan sendirian siang siang ke mall ambarukmo untuk nonton “Insurgent”. Pilmnya lumayan bagus lah, kuberi nilai 7.5 dari 10.

Oke, kembali ke topik awal. Malam itu ku memberikan privat les untuk persiapan ujian tengah semester matapelajaran fisika SMA kelas 2. materinya Berdiri Tegar Benda Tegar, Dan Fluida (Statis maupun Dinamis).

Ada topik menarik tentang salah satu materi tersebut yang ingin saya share disini. Di buku nya si masuk dalam bahasan fluida dinamis, yup fluida dinamis, tepatnya tentang Prinsip Bernoulli. Secara sederhana prinsip bernoulli menyatakan

Pertambahan kecepatan pada suatu fluida akan mengakibatkan penurunan tekanan dan potensialnya”” source “

Saya jadi berpikir, jika sebelumnya fenomena fenomena percintaan dapat dijelaskan dengan menggunakan hukum coulomb lalu bagaimana dengan bernoulli???

Hemmm, sebelumnya coba kita samakan persepsi dulu ya. Banyak orang menyebutkan kehidupan itu dinamis, penuh dengan dinamika, kadang kit turun kadang kita naik, kadang kita berlari namun kadang kita juga harus iklas jatuh tersungkur. Tapi itulah kehidupan, yah setidaknya gambaran tentang kehidupan yang saya yakini. Dalam menjalani kehidupan kita akan dipaksa untuk melakukan pengorbanan, apapun itu pengorbanan berupa waktu, enaga, materi atau bahkan nyawa.

Ada kalimat bagus yang saya kutip dari anime Attack on Titan

“Orang yang tidak berani mengorbankan apapun, maka ia tidak akan dapat merubah apapun”

Apa hubungannya dengan prinsip bernoulli..?

Coba kita uraikan dulu prinsip yang merupakan salah satu prinsip dasar dalam perancangan bentuk sayap pesawat terbang ini terlebih dahulu. Ada tiga komponen penting dalam prinsip bernoulli, yakni Tekanan, Energi Kinetik dan Energi potensial. Coba kita uraikan lebih dalam, lebih dalam lagi dari sebelumnyaaaa (pake gaya hypnosis)

Persamaan bernoulli (source: fachlerio)

Persamaan bernoulli (source: fachlerio)

  • Tekanan, dalam prinsip bernouli yang saya tampilkan pada gambar di lambangkan dengan P, Tekanan dalam kehidupan kita dapat menjadi analogi dari tekanan kehidupan kita, Nilai P sebanding dengan gaya F berbanding terbalik dengan Kelapangan dada kita, luas hati kita A. Jadi semakin besar gaya kita dan semakin sempit hati kita Tekanan kita pun akan semakin besar. (ku lupa logika ini kudapat dari mana jadi ku sitasi sebagai Anonim, tanpa tahun aja ya). Selain menurunkan gaya dan memperluas dada kita ada cara lain untuk menurunkan besarnya tekanan hidup kita. Salh satunya dengan menggunakan apa yang akan kita pelajari dari prinsip bernouli.
  • Energi Kinetik, dalam prinsip bernouli, komponen energi kinetik di bahasakan sebagai (1/2. rho (p) x  v^2). Dalam kehidupan kita energi kinetik ini dapat dijadikan analogikan sebagai kerja yang benar benar kita lakukan. besarnya usaha kita. Besarnya usaha kita sebenarnya tergantung dari kualitas bawaan kita yang dalam persamaan ini di lambangkan sebagai rho “p” atau masa jenis.  kita memiliki kualitas bawaan yang unik dan berbeda beda ada yang pinter di logika, sosial, seni atau apapun itu, kalau kata pakde Maxwell semua orang pesti punya satu atau lebih keunggulan yang membuatnya unggul dibandingkan Puluhan ribu orang di sekitarnya. Kita itu unik!. selain p, besarnya usaha kita dapat dilihat orang banyak dari kecepatan gerak kita, ketanggapan kita “V” dikuadratkan!!. jadi tak peduli seberapa besar potensi kita, yang paling menentukan besar tidaknya usaha kita adalah keuletan dan kecepatan kita (dengan kata lain lebih tepatnya bila diistilahkan sebagai Antusiasme kita).
  • Energi Potensial, dalam prinsip bernouli di notasikan sebagai pgz. Jika energi kinetik dapat dijadikan analogi untuk besarnya usaha yang benar benar kita lakukan, maka Energi potensial itu, potensi kita untuk lebih. Potensi kita untuk melakukan usaha lebih. Energi potensial sebanding dengan lagi lagi kualitas bawaan kita p, dan kemudian grafitasi g atau dalam kehidupan kita dapat di jadikan analogi pengaruh luar, bisa pengaruh dari keluarga, teman teman kita, pemerintah kita (aaaaaa kenapa pak jokowi naikin bbm lagiiii,.. harga tempe mie rebus bakal naik niiiiiiii….). Ketinggian  z , atau level kita. tentunya level kita jika kita seorang mentri dan masi mahasiswa Energi potensialnya beda laaah, mereka punya “Potensi” lebi besar dari pada kita yang hanya mahasiswa. Hmmm tapi itu hanya potensi looo yang kaga bisa mengubah apa apa jika tidak diubah menjadi Energi kinetik hwehehehe.

Setelah kita uraikan satu persatu, sekarang kita lihat Prinsip bernoulli secara keseluruhan. Menurut persamaan bernoulli besarnya penjumlahan antara Tekanan, Energi kinetik dan Energi Potensial memiliki nilai yang konstan. kembali kegambar ini yoo.

Bernoulli (Source: hyperphysics.phy-astr.gsu.edu)

Coba kita anggap kondisi sekarang sebagai kondisi 1 dan masa depan yang kita inginkan sebagai kondisi 2 maka persamaan bernoulli akan menjadi seprti pada gambar disamping.

Sekarang maunya kita apa? coba kalo kita pingin tekanan hidup kita menjadi lebih rendah P2<<P1 (g peduli berapa nilai kondisi 1 kita anggap itu sebagai modal) kalo kita manut prinsip bernoulli caranya

  • yang paling ampuh tingkatkan v soale nilainya dikuadratin. Kapan waktu terbaik untuk mulai??? lagi lagi kata pakde maxwell, waktu terbaik pertama untuk memulai sesuatu adalah 20 tahun yang lalu (masa lalu). dan waktu terbaik kedua adalah sekarang.
  • atau hmmm cari tempat yang grafitasi g tinggi (yg positip loo). dengan tingginya grafitasi akan meningkatkan energi potensial kita. Tapi inget itu hanya akan berupa energi potensial saja bila tidak dimanfaatkan.
  • tingkatkan nilai h kita (kalau di rumus sebelumnya dituli sebagai z sebenernya ya sama aja). Terus belajar karena pendidikan (secara umum) merupakan lift terbaik seseorang untuk naik kelas. (lagi lagi ku lupa ini ide siapa dan tanpa tahun juga).
  • cari atau asah apa yang menjadi kualitas bawaan kita p. terkadang kita memang musti sadar diri, ikan g bisa sebaik kera dalam hal memanjat pohon, begitu juga kera g bisa sebaik ikan dalam hal berenang dan menyelam. Saat kita berada dalam wilayah yang memang bakat kita maka kita akan lebih mudah.

Gimana kalo kita pingin iseng biar tekanan kita tingginya maximal.

  • kaga usah melakukan apa apa, tiduran terus dan udah males malesan aja (nilai v=0) dan energi kinetik akan sama dengan 0
  • G usah pikirin pendidikan, g usah belajar maka nilai (h=0) maka energi potensial juga 0 hwehehehe ada yang ekstrim lagi. Coba deh belajar sungguh2 (h= tinggi) tapi di lingkungan (lingkungan pola pikir maupun dan tetap di tempat yang grafitasinya negatif) maka niscaya Energi potensial akan negatifff hwooooo.

Dengan melakukan kedua poin itu rasaya hidup kita bakal kelam deh.

Jadi pilih mana?

 

Referensi:

hyperphysics.phy-astr.gsu.edu. diakses tanggal 28 maret 2015

en.wikipedia.org/wiki/Bernoulli’s_principle. diakses tanggal 28 maret 2015

Maxwell, John C. 2008.The Maxwell Daily Reader: 365 Days of Insight to Develop the Leader Within You and Influence Those Around You.

Hajime Isayama. Attack on Titan

 

Advertisements

About dewa putu am

I'm a agro meteorologist. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe I like studying too hehehe but I lie.

Discussion

2 thoughts on “ini cerita tentang Bernoulli… ?

  1. Ini kalau guru les privat ngajar kaya gini muridnya bisa paham fisika sama teori kehidupan. Nice share 🙂

    Posted by Citra Taslim | May 19, 2015, 5:48 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

%d bloggers like this: