>>
you're reading...
ceritaku

Petualangan Dua Candi, kayuhan dua roda

Ratu boko dan Barong

Poto poto kemarin

Hello hello hello,..

Kali ini sembari leha leha ku mau nulis tentang acara mubeng mubeng random di sekitaran jogja hari minggu kemarin. Acara mubeng2 random yang sebenernya kaga dierencanaain #kebiasaan.

Awalnya jam 5.30 pagi saya ingin nyoba nyepedah naik ke kali urang kilometer belasan biar sekali kali nyoba kesana. Eeeee tanpa diduga duga saat sampe perempatan ku mulai asal ambil jalur belok kiri, kanan, kiri ,kiri, kanan, kanan, lurus, kiri kanan, lurus, kiri, kanan, kanan, kiri,… dan sampe lah ke “Candi Ratu Boko”

Nyasar jauh banyet kayaknya si dari rencana awal (jalan kali urang) ya kira cuma beberapa puluh km saja. Sesampai di Candi Ratu Boko sekitar jm 7 an.

Sesampai di candi ratu boko, hmmmm suasana masi sepi dan hanya saya dan beberapa kelompok orang kayaknya kalo dihitung kaga nyampe 10 deh yang disana. (Bayar 20rb)

Candi Ratu Boko memang biasanya bakal bagus banget saat matahari terbenam, terus poto gapuranya karena sesampai disana jam 7an pagi, kalo nunggu matahari tenggelam bakal butuh waktu belasan jam lagi akhirnya kucoba poto gapura pada saat matahari udah lewat terbit hasilnya kayak poto dibawah ini

Ratu Boko

Gapura Candi Ratu Boko di pagi hari

Ratu boko di pagi hari kaga kalah tsakep kan.

ini baru gapuranya aja, dan kayaknya si tempat ini ni yang jadi spot paporit buat yg poto prewed.

Puas poto poto gapura candi, ku coba masuk kedalam, awalnya ya ku kira candi ini tu g luas luas amat,. eh ternyata setelah di telusuri, lumayan luas yooo. Disini ada beberapa spot yang bagus bagus, yg pertama ya gapuranya, erus ada keputren, terus ada candi mini nya, terus ada pendopo, terus ada guanya juga.

Oia, sebenernya kompleks ini lebi tepat disebut sebagai kompleks kraton Ratu boko ya soale ada keputrennya ada pendoponya juga. Ku jadi ngebayangin ku lagi berada di komplek istana raja jaman dulu yang luas dan megah, rame banyak rakyat yang ber lalu lalang dan beberapa prajurit. Berikut ini sedikit ulasan tentang Candi ratu Boko yang saya dapat dari papan penjelasan didekat sana

“Candi Ratu Boko berada di antara dua desa yakni Desa Sambirejo dan Bokoharjo Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman DIY. Situs ini merupakan peninggalan sejarah yang bercorak Hinduisme dan Buddhisme yang dibangun pada abad VIII-IX M. ” Jadi candi ratu boko merupkn perpaduan antara corak hindu dan budha hal ini dapat dilihat dari ditemukan Lingga dan Yoni (corak hindu) dan juga ada stupa macam di Borobudur.

Sepuas jalan jalan di kompleks ratu boko kucoba kayuh sepeda ku ke atas lagi menuju Candi Barong, Tapi nasib cukup sial menimpa saya, #ban sepeda saya bocor karena paku, alhasil saya pun nuntun sepeda hingga tukang tambal ban terdekat yang ternyata nyambi sebagai tukang asah batu. hehehehehe dsana saya ngobrol2 dikit tentang batu,

Candi Barong

Candi Barong

Oke skip soal batu, Setelah sepeda saya di tambal saya coba lagi menelusuri jalan menanjak menuju candi Barong. Cuapek e poool banget dah, saran saya si kalo jalan jalan jangan pake spedah ya #capek.

Setelah beberapa kalli tersesat, akhirnya saya sampai juga di candi barong. Mausuk di candi barong kita tidak perlu membayar alias gratis. kita cuma perlu tulis buku tamu aja. Candi ini termasuk unik lo, ku liatnya jadi kayak pura hindu, di ujungnya ada candi, tempat banten dkk terus ada lapangan besar buat umat bersembahyang hehehe. Pemandangan dsana cukup bagus soalnya terletak dipuncak bukit n bisa liat kemegahan kota jogja dari atas.

 

 

Advertisements

About dewa putu am

I'm a agro meteorologist. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe I like studying too hehehe but I lie.

Discussion

2 thoughts on “Petualangan Dua Candi, kayuhan dua roda

  1. ikut dong aku suka candi

    Posted by winnymarch | May 25, 2015, 8:02 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

%d bloggers like this: