>>
you're reading...
buah pikir, Equafilia

Scientist itu musti??

Bernoulli equation

Bernoulli equation

Hei,. hari ini saya ingin membahas tentang scientist. tulisan ini terinspirasi dari posting salah satu temen saya di instagram ttg sebuah poto dia dan temen temen kami yang berpakaian ala penyihir (baca:toga s2) dengan caption “mad scientist”

Hihihi,.. jadi kaga sabar pake jubah “kebesaran” kayak mereka itu Oktober depan dan nyematin tambahan di belakang nama pake title M.Sc. (Mad Scientist huehehehe). amiiiin setelah berjuang terkapar kehujanan kedinginan, stres berat gara gara tesis akhirnya, akhirnya semuanya akan terbayar lunas juga :)… Trims Tuhan.

sudah cukup intronya yah, yang pingin saya bahas sekarang adalah quotes dosen dosen saya dari S1 sampe sekarang ttg Scientist. Biasanya sebelum kelulusan, saat minta tanda tangan si ku diberikan banyak wejangan untuk bersikap, hehehe berikut ini beberapa wejangan dari beberapa orang yang ku anggap sebagai saintis sejati :)), sengaja kutulis disini biar g lupa dan siapa tau bermanfaat bagi kalian apapun profesinya šŸ™‚

“Dengan otak, kamu akan menghasilkan hal yang hebat. Tapi dengan melibatka hati kamu akan menghasilkan yang lur biasa, jadi libatkanlah hatimu.” (Bpk Abu 2012)

Yup hal itulah yang diucapkan oleh dosenku, yang juga merupakan kakak kelas dari IPB angkatan 1, sebagai perbandingan aja ku pas S1 merupakan angkatan 45 šŸ™‚ hehehe, saat itu ia juga menceritakan salah satu mahasiswanya yang sekarang menjadi Doesenku juga (Prof Handoko). Dari salah satu muridnya ku diberikan banyak sekali wejangan.

Kamu ingat hukum ohm?? V=I.R atau beda potensia(daya) sebanding dengan besarnya arus dan juga sebanding dengan besarnya hambatan. Dalam kehidupan juga sama, Beda potensial (daya) yang akan kita dapatkan atau kesuksesan dalam arti luas baik itu dalam hal materi, pengetahuan, atau apapun itu selalu sebanding dengan arus yang kita berikan (semangat kita keuletan kita) dan juga sebanding dengan hambatan yang kita tempuh. Jadi semakin besar hambatan kita dan semakin berani kita menantangnya maka kesuksesan juga akan semakin besar. (Handoko, 2011).Ā untuk penjelasan ttg persamaan ini akan saya bahas lebih lanjut kapan kapan hehehe.Ā 

Dosenku yang satu itu merupakan dosen yang sangat berpegang kuat pada proses (mekanistik bgt dah pokoknya, pinternya wooow banget) hingga ada salah satu dosen yang khawatir dengan ku akan mengambil mentah menah cara berpikir dosen pembimbing akademik ku dan berkata.

“kamu boleh berpikiran mekanis deterministik seperti itu untuk menyelesaikan masalah, tapi kamu juga jangan lupa ada banyak masalah yang belum dapat kita pahami secara keseluruhan sehingga peluang terjadiĀ kesalahan masih ada, disanalah cara berpikir stokastik diperlukan nak. penggunaan kedua cara berpikir itu secara seimbang.” (Rini, 2012)

Selulus S1 saya melanjutkan belajar ke saintis saintis lainnya…, Dari mereka saya juga mendapati wejangan wejangan yang lain hehehe

yang pertama ntah ku dengar dari siapa “Saintis itu boleh salah tapi enggak bole bohong, kalo politikus kaga boleh salah tapi boleh bohong #ups hehehehe”

Sekarang ke wejangan lainnya Saat itu saya sedang duduk dan berdiskusi untuk persiapan wawancara beasiswa tesis “Kmu musti jadi agen of change, tapi juga jangan sampai berubah menjadi Egois,..!! sukseslah bersama teman temanmu” (Junun, 2015). mungkin saya saat itu masi egois ya makanya belum dapat ntu beasiswa tesis T_T

Beliau juga bilang “Seorang saintist itu selain musti kreatif juga musti bisa berkomunikasi dengan baik baik lisan maupun tertulis, percuma bila kita punya gagasan bagus tapi tidak dapat dipahami orang lain” disitulah permasalahan redaksionalĀ juga musti dikuasai seorang saintis.

Apalagi yaaa,..
sepertinya sampai itu dulu aja, ntar kalo inget atau dapat wejangan lagi saat minta tanda tangan ku update deh posting ini.

Posting ini ku akhiri quote yang kusuka banget dari salah satu dosen meteorologi fisik

“Kondisi paling chaos adalah saat tidak ada lagi chaos” (Bey 2010). Sekitar kita masih banyak misteri, dan permasalahan, tapi disitulah menariknya dunia kita. Suatu saat semua masalah akah hilang semua dari lingkungan kita,… tapi itulah kondisi paling chaos, “Kiamat” dan tamat

Advertisements

About dewa putu am

I'm a agro meteorologist. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe I like studying too hehehe but I lie.

Discussion

4 thoughts on “Scientist itu musti??

  1. Ditunggu wejangan lainnya kak.. šŸ™‚

    Posted by Suci Su | August 22, 2015, 6:36 am
  2. kreatif itu sampai mati mas šŸ˜€

    Posted by ghozaliq | August 22, 2015, 11:20 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

%d bloggers like this: