>>
you're reading...
atmos

[masih] Kering?

Outlook graph for selected indice

Nilai SST Anomaly bernilai positip (El Nino) sumber: bom.gov.au

Akhir akhir ini panas ya saudara saudara. Siangnya panas namun malamnya, uademee ra umum yo. ada satu pertanyaan penting e yang beberapa hari ini berkecamuk dalam hati dan pikiran diriku ini. #bahasanya

Apakah kekeringan ini akan berlanjut?

Sebenernya ude lama si pengen mosting tentang hal ini, tapi hmmm yasudah lah, kucoba semampuku untuk ngoprek ngoprek beberapa info yg ku dapat (mungkin kalian bisa coba lakuin sendiri melalui link ini )

Banyak orang bilang kalo kekeringan sekarang merupakan buah kenakalan dari “si anak laki laki” El Nino. setelah ku cek, yup memang sekarang lagi di link yang saya berikan, sekarang memang El Nino. coba deh liat gambar disamping. disana terlihat bahwa nilai Anomali suhu permukaan laut bernilai positip. Nilai ini menunjukan terjadinya El Nino yang kuat. Gampangnya wilayah perairan dekat kita (barat samudera pasifik) lebi dingin dan lebi sombong dari pada wilayah perairan di benua amerika selatan. Karena itu angin memiliki kecenderungan bergerak kearah amerika yang hangat dan baik hati bagi berkah berupa sel sel awan hujan. Jadilah wilayah Indonesia dan Australia yang lagi sombong sombongnya (dingin) mengalami penurunan berkah (hujan). Tapi tenag saja ada samudera hindia yang juga bagi bagi berkah ke kita looo.

Click to see full-size map of IOD SST plumes from POAMA forecasts, updated daily.

Nilai IOD positif menandakan wilayah perairan Indonesia dan Australia lebih dingin dari pada wilayah bagian timur samudera hindia (Afrika dkk) sumber: bom.go.au

Sayangnya hal yang sama terjadi hehehe. Agaknya wilayah kita dan Australia (yang berada di bagian timur) juga lebih sombong dari pada wilayah bagian barat samudera hindia seperti afrika dkk. Nilai macam Elnino La Nina yang terjadi di samudera hindia ini namanya IOD atau Indian Ocean Dipole.

KondisiIOD yang positif menyebabkan berkah berupa hujan dari samudera hindia berada dibawah kisaran rata rata tahun normalnya. Alhasil kita mengalami kekeringan plus plus.

Dari gambar disamping kita lihat taraf kesombongan kita agaknya masih kelewat besar sampe bulan Desember, yup meskipun menurun. Jadi Sampe bulan Desember agaknya ni hujan juga masi dikit dikit aja.

Kering plus plus yang di picu oleh duet ciamik El Nino dan IOD positif menyebabkan wilayah kita akan mengajukan proposal perpanjangan kekeringan.

Apa yang kita lakukan sekarang? haruskah kita acc proposal perpanjangan kering dari si El Nino dan IOD positip itu?

Advertisements

About dewa putu am

I'm a agro meteorologist. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe I like studying too hehehe but I lie.

Discussion

7 thoughts on “[masih] Kering?

  1. jakarta malah udh lama gk hujan

    Posted by winnymarch | October 5, 2015, 10:44 pm
  2. Klo di daerah saya pas lagi hujan terus sekarang, tp hari minggu kemarin enak banget cerah seharian.
    Salam kenal

    Posted by Ar Syamsu | February 15, 2016, 4:44 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

%d bloggers like this: