>>
you're reading...
atmos, Climate change

Snowzilla dan Indonesia?

Coba ilustrasiin Snowzilla, kayaknya macam gini (terinspirasi dari gambar ini )

Kali ini saya mau bahas tentang Snowzilla dan kira-kira apa dampaknya ke Indonesia. Tetapi, sebelum itu ijinkan saya untuk menceritakan tentang latar belakang, tujuan, tinjauan pustaka, metode, dan kemudian persentasi proposal tentang masalah ini -_______- #krik.

Sekarang tentang Latar belakang
Snowzilla, Kata ini sering kali muncul dalam berita beberapa hari belakangan ini #kayaknya. Istilahnya lucu yo, Saya coba membayankan bagaimana bentuk dari makhluk gaib yang bernama “Snowzilla” tu, Apakah bentuknya  seperti Godzilla tapi berwarna putih seperti salju terusan ada lumer sirup cocopandan terus ditaburin mesis :d ? (Godzilla Albino Doger ceres)

Setelah saya coba telusuri, ternyata realita tak seindah bayangan.

Snowzilla berasal dari kata Snow-Salju dan Zilla– merupakan akhiran gaul (English Slang) untuk menyatakan sesuatu yang sangat besar seperti monster Godzilla (Sumber). Jadi yang dimaksud Snowzilla kira kira semacam Badai salju yang sangat besar yang sekarang lagi melanda pakde Amerika dan beberapa negara di Asia Timur.

Coba deh googling foto foto tentang snowzilla, ada satu kata yang langsung terlintas #Ngerrri. Dalam situs berita online theguardian.com bahkan menyebutkan Snowzilla tahun 2016 ini merupakan Badai Salju terburuk Kedua dalam sejarah kota New York (sumber). Cuaca yang ekstrim dingin juga terjadi di wilayah Asia Timur  seperti Jepang dan Taiwan. Suhu udara rata di Taipei kurang dari 4 C dan tercatat sebagai suhu terendah selama 44 tahun belakangan. Kondisi Cuaca ekstrim bahkan sudah mengakibatkan puluhan korban jiwa baik di wilayah Taiwan maupun Jepang.

Terlepas dari semua itu, kembali ketopik utama, apa kira kira dampak dari Snowzilla ke Indonesia ?Ada beberapa poin penting  kondisi Iklim  yang memiliki potensi mempengaruhi kondisi cuaca di Indonesia pada Awal tahun 2016 ini:

  • Wilayah bagian Utara Indonesia mengalami cuaca dingin yang ekstrim (Snowzilla di wilayah Amerika dan Asia Timur).
  • Wilayah bagian Selatan Indonesia mengalami cuaca panas yang cukup tinggi ( Beberapa wilayah Australia bahkan sudah mulai mengalami kebakaran semak dan diperkirakan , sumber)
  • Indonesia sedang mengalami musim hujan yang di-picu oleh angin muson yang bergerak dari kawasan Samudera pasifik yang kaya oleh air.
  • Saat ini masih El Nino (sumber). Suatu kondisi suhu permukaan laut bagian Barat samudra pasifik (Amerika dkk) memiliki suhu yang relatif lebih tinggi bila dibandingkan dengan bagian Timur (Indonesia dan Australia dkk).
  • Kondisi osilasi iklim di samudera Hindia Normal (tidak ada anomali perbedaan suhu ermukaan laut yang berarti)

Dari Beberapa poin tersebut maka ada beberapa fenomena cuaca yang akan terjadi di Indonesia:

  • Peristiwa Snowzilla + Monsoon + Suhu tinggi di Australia merupakan kombinasi yang cukup ampuh untuk mendatangkan Hujan yang tinggi, Angin puting beliung, serta ombak yang tinggi di wilayah Indonesia. Trio fenomena iklim ini saya rasa memiliki kemampuan yang cukup mumpuni sehingga ku ibaratin dengan Trio dibawah ini.

    Trio MSN (Monsoon + Snowzilla + N .. Suhu tinggi Australia) sumber : Superbarca[dot]com

    Untuk menghadapi trio ini, ada baiknya kita mulai mempersiapkan diri. Ada beberapa saran yang rasanya tidak salah kita lakukan. Pertama, Selalu membawa jas hujan atau payung ketika bepergian. Kedua, Bawa sendal jepit kalo kalo banjir kan sepatu kita aman. Ketiga, Pangkas pohon agar tidak terlalu lebat dan rawan tumbang atau kita juga perlu lebih berhati hati bila melewati pohon rimbun yang raan tumbang.
  • Peristiwa El Nino yang beberapa bulan lalu menimbulkan masalah dengan kabut asapnya aat ini saya rasa merupakan salah satu pahlawan kita. Sifat El Nino yang memicu pengurangan curah hujan di wilayah Indonesia tampaknya dapat menjadi penyeimbang fenomena Trio MSN. Terimakasih kepada El Nino, berkatnya dampak dari Trio MSN tampaknya bakal berkurang. Tetapi kita mustinya tetep waspada sih dengan segala kemungkinan yang terjadi.

    El Nino (Sumber: Scaryfootball[dot]com)

Advertisements

About dewa putu am

I'm a agro meteorologist. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe I like studying too hehehe but I lie.

Discussion

6 thoughts on “Snowzilla dan Indonesia?

  1. mak kayak nyusun skripsi dah pake latar belakang 😀

    Posted by winnymarlina | January 27, 2016, 2:21 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

%d bloggers like this: