>>
you're reading...
buah pikir, ceritaku, True Story

Main medsos yang “ASIK” aja please !

hedeh sosmed sekarang

hedeh sosmed sekarang

Sosial media sekarang bukan tempat yang ASIK lagi. Ketidak asikan sosial media sekarang mungkin bagi kalian hal merupakan hal yang “biasa” saja. “Biasa” saja jika kita melihat begitu banyak konten sadis, begitu banyak kata hujatan, umpatan, kata kotor, menyalahkan ini menyalahkan itu. Jadi berlakulah “biasa” jangan berlebihan menanggapinya.

Kata “Biasa” sengaja saya beri tanda kutip. Karena hal ini (“biasa”) lah yang menurut saya berbahaya. jika kita anggap semua itu biasa maka kita akan “Terbiasa” menerima asupan informasi dan sugesti sugesti yang tidak baik bagi kesehatan otak dan hati kita loh. Jika kita terbiasa melihat hal hal jelek tersebut, maka timbul lah kebiasaan yang jelek. Kemudian kebiasaan jelek tersebut akan berulang terus menjadi gambaran pribadi kita. Pertanyaannya apakah kita mau?

“The darkest places in hell are reserved for those who maintain their neutrality in times of moral crisis.” (Dante Alighieri).

Tetap bersikap netral dan masa bodo dengan krisis mental yang ada didepan kita khususnya dalam dunia media social nampaknya salah satu pilihan yang buruk, karena lama kelamaan imbasnya akan sampai ke kita juga.

Sebagai langkah awal ada baiknya saya coba sebutkan beberapa beberapa jenis posting gak ASIK sang mustinya kita banned atau setidaknya kita hindari di tahun 2017 ini. mungkin kalian memiliki pendapat lain, silahkan anda tambahkan sendiri.

  1. Posting SARA tidak pada tempat dan waktunya. Menurut saya membagi bagi hal yang berona Suku, Agama, Ras ataupun Antar golongan bukan hal yang buruk. Hal buruk justru muncul ketika kita mengulas har tersebut tidak pada tempat dan waktu yang tepat. Hormatilah pilihan hati orang, jangan ikut campur terlalu dalam karena kita tidak begitu tahu apa yang sebenernya ada didepan kita.
  2. Posting hal hal bodoh untuk mencari perhatian. Banyak loh posting posting seperti ini yang bertebaran di social media akhir akhir ini. Hal yang menurut saya bodoh dan merendahkan diri mungkin saja mereka anggap perwujudan kreatifitas tanpa batas mereka. Mencari perhatian dan eksis tidak perlu merendahkan diri kita bukan. Ada cara mudah untuk mencari tahu apakah hal yang ingin kita bagi itu adalah hal bodoh atau tidak. Coba bayangkan suatu saat nanti saat kita tua kita bercerita pada pada anak dan cucu kita tentang apa apa saja yang telah kita bagikan pada dunia selama ini.
  3. Postingan darah darah. Mungkin kalian sering melihat ada banyak postingan yang menunjukan korban kecelakaan dengan beberapa buraian bagian tubuh mereka berceceran bercampur dengan darah. Bukankah hal itu membuat kita tidak nyaman. Bagaimana perasaan keluarga korban? jadi stop berbagi postingan seperti itu!
  4. Asal klik. Hal ini juga salah satu atau salah banyak kelakuan bodoh yang masih saja dilakukan orang orang di tahun kemarin. Apakah mereka sadar bahwa di media social sekarang banyak beredar hantu hantu malware yang siap mengobrak abrik akun bahkan citra mereka di media social? Jika tidak yakin dengan postingan yang dibagikan teman anda jangan klik please. Bisa saja saat anda klik konten tersebut maka akun anda akan sakit dan dengan sendirinya menyebar konten konten tidak pantas ke orang lain dan juga grup grup yang anda ikuti.
  5. Terlalu sering mengumbar kehidupan di media social. Stop ! kami tidak peduli apakah kamu sekarang baru makan apa, baru selesai mandi, pakai sampo merek apa atau bertemu hewan apa.
  6. Berkata kasar untuk hal baik. Banyak juga orang yang saya rasa bertujuan baik tapi mengutarakan hal baik ersebut dengan memilih kata kata ang kurang tepat. Hasilnya bias ditebak lah, akan terjadi debat kusir, hujat hujatan, makian yang ironisnya diawali dari niat baik.
  7. Cek lagi jangan jangan justru kita sendiri yang melakukannya hal hal tidak asik itu

Ada banyak jalan menuju roma, ada banyak pula cara untuk merespon hal hal gak asik dimedia sosial. Tapi suapaya tidak terlalu panjang postingan ini jadi hanya saya sebut dua saja.

  1. Unfollow tapi jangan unfriend adalah cara paling muda sekaligus cara paling coro. tapi lebih coro cara Unfriend sih. Bukan suatu hal yang salah bila kadang kita perlu selektif untuk melihat apa yang ingin kita lihat dan mana yang tidak ingin kita lihat.
  2. Chat pribadi dan kasih peringatan. Jika teman teman dekat kita yang melakukan hal ini maka kewajiban kita untuk mengingatkan. Tapi ingat kita juga tampaknya perlu berhati hati dalam memilih waktu yang tepat ya.

Salam super

Dewa Putu AM

Advertisements

About dewa putu am

I'm a agro meteorologist. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe I like studying too hehehe but I lie.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

%d bloggers like this: