>>
you're reading...
buah pikir, Isi Otak, True Story

Hobi membaca?

Membaca sesuatu yang kau inginkan

Membaca mungkin merupakan salah satu hobi yang paling keren yang pernah ada di muka bumi ini. Banyak orang keren, berprestasi dan terkenal memiliki hobi tersebut, bahkan horang kaya maksimal macam Bill Gates katanya mampu membaca 50 buku dalam satu tahun. wow keren kan hobi baca itu.

Apakah saya salah satu orang yang memiliki hobi membaca?

dengan bangga dan tanpa perlu banyak berpikir panjang saya nyatakan “enggak, saya bukan lah orang yang memiliki hobi itu hehehe”.

Ada 3 alasan kenapa saya tidak begitu hobi membaca.

Alasan Pertama, Orang yang hobinya membaca mungkin mampu membaca habis setiap bukunya secara konsisten hanya dalam waktu beberapa jam atau kalaupun tebal bias tiga hari saja. Sedangkan saya kadang sehari kadang seminggu bahkan ada buku yang tahun 2015 saya baca sampai sekarang belum juga selesai saya baca.

Alasan Kedua, Bagi saya membaca merupakan obat tidur paling mujarap. jika tidak bias tidur maka bacalah buku maka seketika kantuk akan datang dengan buaian lembutnya mengajak kita pergi mengarungi dunia mimpi yang indah. Tapi adakalanya buku juga merupakan obat yang membuat kita tidak bisa tidur. Saya pernah punya pengalaman memanfaatkan fungsi buku yang semacam ini. Saat itu sedang ada peribadahan “Siwalatri” dimana pada malam tersebut kami para umat hindu melaksanakan Jagra atau tidak tidur sembari melakukan perenungan suci. Pada saat itu saya mempunyai bahan bacaan yang bagus, buku berjudul Kosmos karya Karl Saga, dan berkat buku itu saya berhasil tidak tidur,… yay… mantab jiwa

Alasan Ketiga, Saya memiliki banyak dosa berupa timbunan buku yang belum terbaca. Yup kuakui kalean semua suci aku penuh dosa #hanjir. Masih ada beberapa timbunan buku yang masih berplastik di rak buku. Ini yang tampaknya menjadikan alasan utama saya kenapa saya bukan lah orang yang hobi membaca.

Tapi semua berubah saat tahun 2014, saya bertemu dua orang keren yang menjadi dua orang yang menginspirasi untuk memperbanyak bacaan. Dua orang itu adalah teman satu kelas saat di Jogja dulu. Yang satu punya pengetahuan umum yang luas, jadi saat ngobrol dengan orang itu banyak hal baru yang saya temukan. yang satu lagi punya pembendaharaan kata yang wows, jadi saat ngobrol n tulisannya keren luar biasa, enak dibaca dan mudah dipahami. Sejak saat itu gw berniat untuk ngebajak 2 karakter keren dari 2 orang itu. Apa yang membuat mereka seperti itu? Setelah kuselidiki (padahal langsung Tanya ke orangnya) tidak lain dan tidak bukan adalah “Membaca”.

Dan benar saat jalan jalan bareng mereka pun arah yang mereka tuju pertama kali adalah toko buku. Saat itu saya berkata kepada mereka, “Ku pingin hobi mbaca kayak kalian, kasi rekomendasi buku bagus dong” dan merekapun dengan senang hati mengajak saya ke took buku untuk memilih milih buku dan sedikit memberikan saran tentang buku bacaan ringan yang menurut mereka bagus. #trims Asati Sensei dan Asami Sensei kalian dah nginspirasi buat suka baca buku.

Apakah sekarang ku jadi hobi baca?

Sayangnya belum x__________x ternyata masih susah untuk konsisten membaca buku, susah pula untuk tidak ngantuk saat membaca buku, begitu pula dengan kebiasaan buruk menimbun buku. Tapi seengaknya sekarang ada peningkatan cukup drastic. Dari yang dulunya pada tahun 2014 an saya hanya mampu membaca 1 buku, itupun novel tipis. 2015 saya berhasil membaca 27 buku, tapi 2016 hanya berhasil membaca 23 buku. dan hingga juli 2017 ini saya sedang membaca buku ke 23 yang berjudul “Alibaba, Kerajaan yang dibangun oleh Jack Ma” Karya Duncan Clark dan buku “Lean StartUp” Karya Eric Riyes. dua buku ini sudah dua minggu tapi belum kelar. Mungkin dengan memposting di blog ini say bisadapet efek malu kalau belum nyisihin waktu buat ngelarin kedua bacaan ini. Oia salah membaca dua buku adalah strategi yang beberapa minggu ini saya terapkan, satu buku dalam bentuk fisik (saya baca di kosan sebelum dan sepulang bekerja dan satu lagi dalam bentuk ebook yang saya baca saat di kereta. dan kedua buku itu musti dari genre yang berbeda biar tidak suntuk hehehe.

Dan pertanyaan terakhirnya apakah saya sudah sekeren mereka berdua yang menginspirasi saya itu tadi?

Tampaknya saya masih perlu membaca lebih banyak lagi agar tidak hanya sekeren mereka namun melampaui mereka #hasek

Oia, sekedar info saja baru baru ini saya membuat blog baru yang secara khusus membahas buku buku yang menurut saya menarik nama blognya adalah Bookboxs. Kenapa Bookboxs bukan Bookboxes? #simple Bookboxes sudah ada yang punya.

ini linknya —> Bookboxs

About dewa putu am

I'm a agro meteorologist. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe I like studying too hehehe but I lie.

Discussion

6 thoughts on “Hobi membaca?

  1. Saya setidaknya butuh 10 hari, bahkan lebih untuk menamatkan sebuah buku. Tapi konsisten sih. Masalahnya paling nggak punya uang buat beli buku-buku bagus, tapi untunglah sekarang banyak ebook berkualitas yg beredar sehingga bisa memenuhi kebutuhan akan buku yg bagus 😀

    Posted by shiq4 | July 13, 2017, 1:04 pm
  2. bil gate keren juga baca 50 buku dalam setahun

    Posted by winnymarlina | July 13, 2017, 4:02 pm
  3. Bener, klo saya juga lebih tepatnya disebut senang membaca buku tertentu saja ketimbang hobi.. karena pernah saya butuh waktu setahun guna namatin 1 buku tebal

    Posted by Kasamago | July 14, 2017, 4:47 pm
    • Ia ia mas… Pernah juga 1 buku tahunan tapi biasanya jadi lupa e bab bab sebelumnya ttg apa aja n jatuhnya buka buka bab sebelumnya juga hehehe

      Tapi g papa Kali ya mas mungkin bukan genre yg disuka makanya lama hehehe

      Posted by dewa putu am | July 14, 2017, 11:29 pm

Leave a Reply

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

