>>
2 QGIS

Qgis (sumber: http://www.qgis.org)

Qgis merupakan salah satu softwere gratis yang baik digunakan untuk mengolah data data berbasis wilayah atau istilah kerennya Sistem Informasi Geografis “SIG” . Sebelumnya Softwere SIG ini bernama Quantum GIS, tetapi beberapa waktu ini lebih sering disebut dengan Qgis saja.

Qgis pertama dikembangkan pada tahun 2002 dan sebagai ketua tim pengembangnya saat itu adalah Garry Sherman (Sutton,2009). Hingga saat, pada saat tulisan ini di publish, telah di rilis Qgis 2.8.1.

Softwere Qgis dapat didownload secara gratis melalui link resmi Qgis. Jika saya lihat di grup pengguna qgis di face book ternyata qgis dapat digunakan untuk berbagai macam analisis spasial dari yang sederhana hingga yang cukup rumit.

Untuk sementara saya baru belajar untuk operasi yang sederhana-sederhana dulu sih hehehe. Tapi sebagai softwere gratis (opensource) saya rasa Qgis Luar biasaaaaaa. untuk layout bagus banget warnanya dan mudah. Sedikit demi sedikit saya belajar lah keluar dari belengu softwere bajakan, cz dengan softwere bajakan kurang barkah lah ilmu kita cz itu dosa.

Tapi hmmm kusadari juga si kadang kadang, ah sudah lah saat ini ini saja dulu. hehehe di page ini nantinya akan saya share tentang operasi operasi sederhana dengan menggunakan Qgis.

Berikut ini tampilan Qgis 2.8.1 dengan nama Wien ketika saya mencoba mengolah salah satu data untuk penelitian saya.

Tampilan Qgis 2.8.1

Tampilan Qgis 2.8.1

 

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

%d bloggers like this: