>>
1. Membuka data pada QGIS

Pada dasarnya ada banyak data spasial yang dapat serta biasa diolah dengan menggunakan QGIS, akan tetapi Dua jenis data yang paling umum digunakan adalah Data spasial yang berupa Raster serta data yang berupa Vector. Penjelasan dari kedua jenis data tersebut dapat kalian lihat pada tulisan saya sebelumnya di sini. Langkah awal dalam mengolah data secara spasial  adalah tentu saja membuka data hehehe. Untungnya QGIS mempermudah kita dalam membuka data  yakni dengan menyediakan “manage layer toolbar” maupun pada “Browser Panel” seperti yang ditunjukan pada gambar berikut.

Untitled

Lembar kerja qgis dan bagian untuk membuka data

Membuka data pada QGIS

Lalu Cara mana yang paling mudah dan cepat?

Menurut saya cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan Browser Panel, dengan menggunakan panel tersebut kita dapat membuka semua jenis file tanpa ngeklik yang aneh aneh. tinggal di drag aja data yang kita inginkan ke canfas.

Untuk mempermudah biasanya saya membuat folder yang sering saya buka menjadi folder faforit dengan cara klik kanan pada folder project kita dan kemudian klik “add folder as favourite”.

ada kalanya beberapa masalah muncul ketika membuka data spasial. Saya sendiri sering menemukan masalah saat membuka 2 atau lebih data spasial yang harusnya berada di lokasi yang sama namun setelah saya buka kedua data tersebut hanya satu data yang ditampilkan pada kanfas qgis. Menurut pengalaman saya sih hal itu disebabkan oleh dua hal yakni salah satu data itu rusak atau kedua data tersebut memiliki sintem kordinat yang berbeda misalnya data 1 memiliki kordinat geografis sedangkan data 2 memiliki data tranverse merecator (UTM). Untuk mengetahui penyebabnya saya biasanya mencoba melihat Properti data tersebut dengan mengeklik kanan di data pada Panel Layer kemudian memilih properties.   Dari tampilan properties tersebut akan terlihat sistem koordinat yang digunakan. Bila sistem koordinat pada data 1 da 2 berbeda maka perlu diubah dengan menggunakan tool “Reproject layer”.

Advertisements

Comments are closed.

IdWordpress
Warung Blogger

Blogger Hebat

Posting2 si Anak Angin

%d bloggers like this: